Berbuat Baik Terhadap Orang Lain Bisa Buat Rasa Sakit Jadi Berkurang

77

Berbuat baik terhadap sesama merupakan hal yang perlu kita lakukan dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini ternyata tidak hanya memiliki manfaat bagi kehidupan sosial saja namun juga pada tubuh kita sendiri.

Dilansir dari MedicalXpress, tim peneliti di China mengungkap bahwa seseorang yang berbuat baik terhadap orang lain merasa rasa sakit yang dimiliki berkurang dibanding seharusnya. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada prosiding dari National Academy of Sciences.

Penelitian ini mencoba melakukan eksperimen terhadap kegiatan sukarela yang dilakukan seseorang. Berdasar penelitian ini, diketahui keterlibatan terhadap kegiatan altruistik atau kebaikan tanpa pamrih pada orang lain bisa membuat orang lebih baik.

Ketika melakukan hal ini, otak seseorang bakal memproduksi dopamin yang meningkatkan perasaan tenang dan menyenangkan. Pada saat ini, peneliti menemukan bahwa keterlibatan pada aktivitas seperti ini bisa menghilangkan sensasi sakit dan nyeri.

Temuan ini didapat peneliti berdasar sejumlah eksperimen yang mereka lakukan. Pada percobaan pertama, mereka meminta partisipan untuk menyumbangkan darah setelah gempa dan ketika tidak ada gempa. Diketahui bahwa pada orang yang menyumbangkan darah setelah gempa, rasa sakit dari jarum bisa berkurang.

Eksperimen kedua membuat partisipan untuk merevisi buku untuk anak-anak migran pada kondisi yang dingin. Diketahui bahwa partisipan penelitian memiliki rasa tidak nyaman yang lebih rendah terhadap dingin dibanding mereka yang tidak merevisi buku.

Eksperimen ketiga melibatkan sejumlah pasien kanker untuk memasak dan bersih-bersih. Mereka melakukannya untuk pasien lain juga untuk diri mereka sendiri. Diketahui bahwa membantu orang lain bisa membuat rasa sakit yang muncul berkurang.

Eksperimen terakhir melibatkan partisipan untuk menyumbangkan uang terhadap anak yatim piatu. Sembari dilakukan pemindaian MRI, masing-masing partisipan juga diberi sengatan listrik.

BACA JUGA
Pola Makan Buruk Jadi Penyebab Utama Kematian
Powered: welizon.com

Peneliti menyebut bahwa mereka yang menyumbang menunjukkan respons terhadap sengatan lebih sedikit dibanding mereka yang tak menyumbang. Selait itu, semakin besar partisipan merasa sumbangan mereka membantu yatim piatu, semakin rendah rasa sakit mereka rasakan.

Pada akhir penelitian, peneliti menghubungkan hasilnya dengan penelitian sebelumnya. Diketahui bahwa perilaku altruistik ini tidak hanya membuat seseorang merasa lebih baik namun juga mengurangi rasa sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here