Hermeneu­tika Simbolis

Makna firman yang kaya sering kali tidak mampu diimbangi oleh “bahasa” manusia yang miskin. Maka muncul tafsiran-tafsiran esoteris atas Al-Quran, pada dasarnya disatukan mela­lui prinsip simbolisme, sebagaimana dipahami dalam penger­tian tradisionalnya.

Bahkan, simbolisme berfungsi sebagai kata kunci untuk semua itu sehingga tafsir-tafsir itu juga bisa disebut sebagai “tafsir-tafsir simbolis”. Proses penafsiran simbolis dan esoteris disebut ta’wil, yang secara teknis bermakna hermeneu­tika (hermeunetic) simbolis dan spiritual.

Secara eti­mologis, ia berarti membawa sesuatu kembali kepada awwal­nya, yaitu, awal atau asal-usul; membawa atau mengikuti simbol-simbol kembali kepada asal-usul yang dilam­bangkannya. Ta’wil berlaku untuk segala jenis simbol, baik di alam, dalam dunia manusia, maupun dalam teks wahyu.

Dan di bumi terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin.

Al-Quran sendiri menggunakan kata ayat, tanda-tanda atau isyarat-isyarat, untuk ayat-ayatnya sendiri serta untuk objek-objek dan peristiwa-­peristiwa di dalam dunia alam dan jiwa manusia. Beberapa di antaranya.

“Dan di bumi terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Tidakkah kamu memperhatikan? Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu, dan terdapat pula apa yang dijan­jihan kepadamu” (QS Al-Dzariyat [51]: 20-22).

“Mahasuci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pa­sangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui” (QS Ya Sin [361: 36).

“Allahlah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi, ….” (QS Al-Thalaq [65]: 12). “Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan bu­rung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melain­kan umat-umat (juga) seperti dirimu, …. “ (QS Al-An’am [6]: 38).

“…Dia menciptakan untukmu dari jenis kamu sendiri pa­sangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan­-pasangan pula, ….” (QS Al-Syura [42]: 11).

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

error: Alert: Content is protected !!